Friday 19 July 2013

Budidaya Danio Zebra

Pair Zebra Danios

Ada beberapa tahapan untuk membudidayakan ikan Danio Zebra ini. berikut tahapannya:

Membedakan Jantan dan Betina
Ikan betina lebih gemuk dan warnanya pucat, sedangkan ikan jantan berwana cerah dan bertubuh ramping

Persiapan induk
Induk disesuaikan berdasarkan strain karena jika disilangkan hasilnya kurang memuaskan. pisahkan jantan dan betinadi bak tersendiri sebelum digabung di bak pemijahan.

Bak Pemijahan
untuk bak pemijahan dapat menggunakan aquarium, kolam semen, atau kolam fiber. ukuran bak tergantung banyaknya pasangan. satu pasang indukan setidaknya memakai volume air 10 liter. ikan ini dapat dipijahkan secara masal maupun berpasangan.
Di dalam bak pemijahan harus di beri tanaman air berupa java moss atau alat peletak telur buatan dari rafia. sebaiknya alat peletak telur ditempatkan di dasar karena telur akan tenggelam, bukan melayang. kedalaman air di bak pemijahan sekitar 30 cm.

Kualitas Air
Ikan ini dapat dipijahkan pada suhu 24-28 derajat celcius dan pH6,5-7 atau netral

Pakan
selama di bak pemijahan, ikan diberi pakan pelet dab cacing sutera. jika sempat, berikan kutu air dan jentik nyamuk.

Proses pemijahan
pembuahan luar adalah salah satu metode memijah ikan danio. ikan betina akan mengeluarkan telur dan secara dan secara simultan ikan jantan akan mengeluarkan sperma untuk membuahi setiap telur sebelum telur jatuh ke bawah.
ikan akan memijah setelah berumur 3-4 bulan. ikan betina dapat memijah sampai interval 2-3 hari dan melepaskan sekitar 200-300 telur yang akan tenggelam di dasar bak pemijahan. jika bak pemijahan tidak diberi tanaman air atau peletak telur buatan dari rafia maka akan terlihat langsung oleh induknya yang mempunyai kebiasaan memakan telurnya sendiri atau telur ikan lain.

Membesarkan Benih
telur akan menetas setelah 36-72 jam, tergantung suhu dan kondisi telur. 36 jam kemudian, ikan sudah berenang dan harus diberi pakan berupa emulsi kuning telur atau cacahan cacing sutera.
2 minggu berikutnya ikan sudah dapat diberio pakan cacing sutera atau pelet halus. ikan berumur 3 bulan atau berukuran 3 cm sudah layak dijual ke pasaran.

Fase Kritis
Ikan ini relatif mudah dibudidayakan. kendala utamanya adalah saat menetaskan dan membesarkan benih sampai umur 1 bulan.