Wednesday 31 July 2013

Jenis Pakan Ikan Hias

Frozen Bloodworm (FBW)
Jenis pakan dalam budidaya ikan hias adalah pakan segar, pakan hidup (live food), dan pakan buatan.

Pakan segar
Pakan segar adalah pakan yang disajikan dalam bentuk aslinya, misalkan udang, potongan ikan, cacing beku, dan lain-lain. biasanya pakan ini disimpan dalam freezer dan diberikan pada ikan baik dalam bentuk sudah mati tapi segar maupun dalam kondisi dibekukan. biasanya pakan yang diberikan pada ikan-ikan karnivora besar seperti arwana, alligator, oscar, catfish besar, piranha dll.
Pada ikan yang sakit, biasanya pakan atau obat antibiotika dimasukan dalam mulut ikan pakan sebelumnya diberikan sebagai pakan pada ikan yang sakit.
Dalam budidaya ikan discus juga sering dipakai telur udang. Kandungan protein yang tinggi dapat memicu ikan memijah, selain untuk mencemerlangkan warna.

Pakan Hidup
Pakan hidup adalah makanan yang penting untuk ikan pada fase benih atau sesaat setelah menetas. ikan hias tertentu juga mengkonsumsi pakan hidup seperti kebanyakan ikan tetra, barb,loach, dan hampir semua ikan yang tidak berukuran besar pasti suka pakan hidup.
beberapa jenis pakan hidup yang paling umum dalam budidaya ikan hias diantaranya: infusoria, rotifera, kutu air, artemia, jentik nyamuk, cacing sutera, dan cacing darah (blood worm) yang sebenarbya adalah larva serangga chironomous.